PROTEKSI RADIASI

RADIASI INTERNA DAN RADIASI EKSTERNA

Radiasi interna adalah penyinaran yang berasal dari sumber radiasi yang terletak di dalam tubuh manusia, sedang radiasi eksterna berasal dari sumber yang terletak di luar tubuh manusia.

Radiasi interna terjadi karena masuknya radionuklida ke dalam tubuh manusia melalui pernafasan, saluran pencernaan, luka terbuka di kulit maupun menembus kulit dan juga melalui sirkulasi darah (suntikan). Radiasi interna yang lebih berbahaya adalah radiasi yang lebih banyak menimbulkan ionisasi di dalam jaringan tubuh, sehingga sinar alpha lebih berbahaya dari pada sinar-X dan sinar gamma sebagai sumber radiasi interna.

Pada radiasi eksterna, maka radiasi dapat mengenai seluruh tubuh (penyinaran total) atau pub mengenai sebagian tubuh (penyinaran partial). Pada penyinaran ini sinar alpha, electron yang berasal dari konversi internal, dan sinat beta yang energinya , 65 keV tidak cukup kuat untuk menembus kulit. Karena itu ketiga jenis radiasi ini tidak menimbulkan bahaya pada penyinaran luar. Sinar-X, sinar gamma, neutron dan sinar beta yang energinya . 65 keV dapat menembus kulit dan menyinari jaringan dalam tubuh, sehingga berbahaya sebagai sumber radiasi eksterna.

Standar

Tinggalkan komentar